Wisata dan Petualangan

Pantai Muncar: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Pantai Muncar: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Banyuwangi sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur memiliki keistimewaan tersendiri karena letak geografisnya yang membuat kabupaten ini memiliki banyak objek wisata alam seperti taman nasional atau pantai yang indah. Anda tidak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan pantai yang indah, di Banyuwangi Anda akan banyak menemukan wisata bahari yang namanya sudah dikenal oleh orang-orang yang suka berwisata. Seperti Pantai Muncar, sayang untuk dilewatkan begitu saja jika Anda datang ke lingkungan yang terkenal dengan tarian mesranya.

Pantai Muncar merupakan destinasi wisata di kecamatan Muncar, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak objek wisata alam, Banyuwangi selalu menjadi salah satu rekomendasi wisatawan yang ingin ke Pulau Jawa. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi saat berada di Banyuwangi adalah Pantai Muncar yang berada di wilayah selatan Banyuwangi. Pantai indah ini terletak di Muncar, sekitar 35 kilometer dari kota Banyuwangi.

Di Muncar terdapat sebuah pelabuhan yang digunakan para nelayan untuk menempatkan perahu mereka untuk mencari ikan sehari-hari. Muncar merupakan pelabuhan terbesar kedua setelah Bagan Siapi-api di Jawa Timur. Terdapat ratusan kapal di pelabuhan dengan berbagai ukuran dan corak warna yang bervariasi menambah keeksotisan dan keindahan pelabuhan Muncar.

Setahun sekali ada upacara tradisional yang disebut Pick the Sea yang merayakannya di pantai. Ini adalah ritual suci mempersembahkan korban kepada dewa dan ini adalah waktu ucapan syukur dari orang-orang atas panen yang melimpah. Dalam ritual ini, akan ada bejana berisi sesajen seperti kepala kambing, kue tradisional, buah-buahan, emas batangan, opium dan dua ekor ayam hidup; mereka semua hanyut ke laut. Setelah melakukan ritual, orang-orang kembali ke pantai dan berdoa dengan harapan agar Hyng Iwak, Dewi Laut, akan memberkati mereka.

Sejarah upacara Petik Laut sendiri, upacara ini sudah dilakukan sejak zaman kerajaan Blambangan. Masyarakat di sana melakukan tradisi ini setiap 15 syuro sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkah dan hasil laut yang melimpah. Mereka juga percaya bahwa jika upacara tersebut tidak dilaksanakan, maka akan menimbulkan bencana.

Fasilitas di Pantai Muncar

Bagi pengunjung yang ingin datang ke tempat wisata ini, jangan khawatir karena berbagai fasilitas penunjangnya bisa anda temukan diantaranya;

– Tempat membeli ikan

Karena pantai ini juga dekat dengan pelabuhan tempat para nelayan pelelangan ikan, maka bagi anda yang suka berbelanja atau makan ikan bisa langsung melihat hasil tangkapan dari laut yang masih sangat segar seperti baru ditangkap. Tidak hanya ikan, tetapi juga udang, kepiting, dll.

– Warung atau tempat makan

Jangan khawatir Anda akan kelaparan saat datang ke sini, tapi jangan membawa makanan dan minuman apapun. Di sekitar pantai ini Anda akan menjumpai beberapa warung atau rumah makan yang sebagian besar dimiliki oleh masyarakat setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga yang bersahabat dengan kantong.

– Masjid

Liburan bukan berarti melupakan waktu ibadah. Jika ingin segera menunaikan ibadah salat, bisa langsung ke musala disana.

– Kamar mandi umum

Toilet atau kamar mandi umum memang menjadi salah satu fasilitas penting yang harus dimiliki oleh setiap tempat wisata dimanapun dan di pantai ini anda tidak perlu bingung lagi mencari toilet umum karena di kawasan ini sudah disediakan beberapa yang bisa anda gunakan seperti diperlukan.

– Area parkir

Fasilitas yang satu ini tidak kalah penting karena tentunya banyak wisatawan yang datang ke sana dengan kendaraan pribadi, sehingga perlu mencari tempat yang aman dan cocok untuk memarkirkan kendaraannya. Di sini juga terdapat tempat parkir yang cukup luas yang bisa digunakan pengunjung jika membawa kendaraan bermotor sendiri.

– Gudang kebun

Jika Anda senang berjalan-jalan menyusuri pantai, duduklah di gazebo yang disediakan oleh pengelola properti. Sambil menikmati makanan dan minuman yang Anda bawa, Anda bisa menikmati pemandangan di depan.

– Tempat penginapan

Bagi Anda yang ingin bermalam di sana, Anda bisa melapor ke masyarakat setempat untuk bermalam di homestay. Penduduk di sana pun akan menyambut kedatangan Anda dengan tangan terbuka.

Berburu foto di Pantai Muncar

Datang ke pantai yang indah memang rugi rasanya jika tidak membawa kamera dan melewatkan berbagai momen seru yang terjadi saat berlibur. Di Pantai Kantong Gumuk Anda bisa memuaskan hobi berfoto karena banyak tempat menarik yang bisa Anda gunakan seperti tempat di sekitar tanaman, pemandangan yang eksotis akan membuat hasil foto Anda semakin menarik. Anda juga bisa merekam kegiatan yang berlangsung selama upacara Petik Laut yang tentunya sangat menarik. Apakah Anda ingin pemandangan yang lebih indah? Anda harus datang saat subuh atau saat matahari hendak muncul dari timur, panorama ini dijamin akan membuat Anda berdecak kagum. Selain itu, anda juga bisa membidik perahu nelayan yang berjejer di pantai Muncar dengan lensa kamera anda. Warna perahu yang penuh warna membuat foto Anda terlihat estetis.

Baca Juga: Pantai Bedul, Keindahan Wisata Mangrove di Banyuwangi

Akses jalan menuju Pantai Muncar

Untuk menuju lokasi ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Rutenya bisa dimulai dari pusat kota Banyuwangi ke arah selatan melalui Rogojampi, Srono dan Muncar. Akses jalan menuju kawasan ini cukup lebar dan dapat dilalui oleh kendaraan besar. Hanya ada kerusakan jalan di beberapa titik yang belum diperbaiki.

Harga tiket masuk Pantai Muncar

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Juli 2023)

Jam buka Pantai Muncar

Tips liburan ke Pantai Muncar

  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik
  • Jangan lupa untuk membawa kamera Anda
  • Lebih baik membawa makanan dan minuman
  • Harap membawa topi atau kacamata

Galeri foto pantai Muncar

Pantai Munkar
Potret perahu nelayan
Spot foto di atas batu
Pesisir pantai dari atas bukit
Dermaga di Pantai Muncar

Source: www.tempatwisata.pro

Show More

Related Articles

Back to top button