Wisata dan Petualangan

Pantai Cemara: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Pantai Cemara: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Berbicara tentang pantai di Banyuwangi sepertinya tidak ada habisnya, nyatanya masih ada objek wisata baru yang semakin menarik perhatian wisatawan. Bagi Anda yang hanya ingin menghilangkan penat atau stress akibat masalah pekerjaan atau sekolah, kuliah dan lain-lain, Anda bisa meluangkan waktu untuk berlibur singkat. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Anda bisa merogoh kocek hingga jutaan rupiah, Anda bisa memanfaatkan kota-kota terdekat, apalagi jika Anda berada di Jawa Timur dan sangat ingin menikmati suasana pantai, Anda bisa berkunjung ke Banyuwangi yang lingkungannya banyak. pantai dan pada tahun 2017, Banyuwangi baru saja meresmikan pantai baru yaitu Pantai Cemara.

Pantai Cemara merupakan objek wisata bahari yang terletak di Desa Pakis, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Jaraknya hanya 3 kilometer dari pusat kota. Meski tergolong tempat wisata baru, masyarakat Banyuwangi atau bahkan masyarakat luar Banyuwangi sudah sering mengunjungi tempat ini karena penasaran dengan daya tarik Pantai Cemara. Apalagi saat anak-anak, remaja, dan orang tua datang berlibur di akhir pekan dan menikmati pemandangan.

Sesuai dengan namanya, pantai ini dikelilingi oleh hutan pinus yang lebat dan asri yang juga merupakan kawasan perlindungan bagi penyu. Selain itu pantai ini juga ditumbuhi ribuan pohon cemara di sepanjang bibir pantai yang membuat pantai ini semakin menarik dan berbeda dari pantai lainnya karena anda akan merasakan sejuk dan rindangnya pohon cemara yang tumbuh.

Penyu yang bertelur di sini biasanya bersarang di bawah pohon pinus yang banyak tumbuh di pinggir pantai. Anda dapat melihat sarangnya tetapi tidak mengganggunya. Intensitas puncak masa bertelur penyu berkisar antara Maret hingga April. Pantai yang dikelola oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) Pantairejo yang juga tergabung dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Banyuwangi ini nantinya tidak hanya memiliki zona yang dibuka untuk umum, tetapi juga zona inti untuk melindungi kawasan dimana penyu bertelur. Dan hanya pengunjung yang memiliki izin yang diperbolehkan memasuki zona inti.

Hutan pohon cemara di pantai ini juga membentuk lorong-lorong indah yang membuat tempat ini semakin unik dan menarik dibandingkan pantai-pantai lain di Banyuwangi. Jadi tunggu apalagi, segera rencanakan perjalanan Anda ke Pantai Cemara.

Fasilitas di Pantai Cemara

Untungnya objek wisata ini dikelola dengan baik oleh pemerintah sehingga tidak perlu khawatir karena tempat ini memiliki beberapa fasilitas penunjang pengunjung.

– Toilet umum

Toilet atau kamar mandi umum memang menjadi salah satu fasilitas penting yang harus dimiliki oleh setiap tempat wisata dimanapun dan di Pantai Cemara anda tidak perlu bingung lagi mencari toilet umum karena di kawasan ini sudah tersedia beberapa yang bisa anda gunakan sesuai kebutuhan .

– Area parkir

Bagi anda yang datang dengan kendaraan umum tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat parkir, karena tersedia juga tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan bermotor sehingga anda tidak perlu mencari tempat untuk memarkirkan mobil anda. kendaraan. Biayanya juga sangat murah dan dijamin aman.

– Warung atau tempat makan

Bagi anda pengunjung yang tidak ingin repot menyiapkan bekal makanan juga tidak perlu takut kelaparan karena di kawasan hutan pinus juga terdapat beberapa warung atau penjual makanan keliling yang menjual berbagai macam makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. .

– Tempat penginapan

Bagi Anda yang tertarik untuk bermalam di kawasan Pantai Cemara, tersedia beberapa penginapan dengan harga yang berbeda-beda namun tetap terjangkau. Atau Anda juga bisa memilih untuk menjadi tamu di salah satu rumah penduduk setempat, mereka juga akan dengan senang hati menyambut Anda.

– Gudang kebun

Bagi Anda yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar, Anda bisa duduk di gazebo sambil mencicipi makanan yang Anda bawa atau beli dari penjual lokal.

Berburu foto di Pantai Cemara

Lokasi obyek wisata yang luas dan banyaknya tempat menarik untuk berfoto tentunya akan membuat anda yang menyukai fotografi senang untuk datang ke sini dan memuaskan hasrat untuk berfoto atau selfie. Dengan latar belakang pasir pantai dan birunya air laut yang indah, Anda bisa berfoto bersama keluarga atau teman. Anda juga bisa mengabadikan pemandangan di sekitar pantai, seperti di kawasan pohon pinus dan hutan pinus dengan gang-gang yang terlihat dramatis dan memiliki nilai estetika dimana Anda bisa mengambil foto yang Instagrammable. Pantai Cemara juga menawarkan pemandangan matahari terbenam atau sunset di sore hari yang membuat suasana semakin romantis, apalagi jika datang bersama pasangan.

Baca juga: Pantai Tamperan, Kawasan Pelabuhan Nelayan dengan Pemandangan Indah

Akses jalan menuju pantai Cemara

Bagi anda yang ingin mengunjungi Pantai Cemara, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan rute dari pusat Banyuwangi menuju Rogojampi, setelah anda sampai di Hotel Santika belok kiri, ada jalan ke arah timur. Ikuti jalan tersebut hingga mentok di persawahan, belok kanan, ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan dengan papan nama Pantai Cemara.

Harga tiket masuk Pantai Cemara

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(diperbarui Juni 2023)

Jam buka Pantai Cemara

  • Buka setiap hari dari jam 6 pagi – 4 sore

Tips liburan ke Pantai Cemara

  • Pastikan kondisi kendaraan Anda dalam kondisi baik
  • Jangan buang sampah sembarangan
  • Lebih baik membawa makanan dan minuman dari rumah
  • Jangan lupa untuk membawa kamera Anda

Galeri Foto Pantai Cemara di Banyuwangi

Pantai Cemara di Banyuwangi
Potret perahu nelayan
Potret Pepohonan di Pantai Cemara
Kapal pesiar foto
Tempat foto terbaik

Source: www.tempatwisata.pro

Show More

Related Articles

Back to top button