Wisata dan Petualangan

Pantai Jayanti: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Pantai Jayanti: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Santai saja seperti di pantai. Pernah mendengar ungkapan seperti itu? Nah, mungkin sudah saatnya Anda rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari dan menikmati suasana pantai yang selalu menyegarkan mata. Bagi warga Cianjur Selatan, nama tempat wisata Pantai Jayanti pasti sudah tidak asing lagi. Pantai Jayanti merupakan tempat wisata yang dipuja karena keindahannya.

Wisata alam ini terletak di Kabupaten Cianjur Selatan. Tepatnya di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun. Sekitar 140 km dari pusat kota kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi tentang Pantai Jayanti dibawah ini.

Fasilitas di Pantai Jayanti

Pada Juli 2017, jumlah pengunjung disebut meningkat menjadi 3.000 orang pada H+2 Lebaran atau Idul Fitri 1438 Hijriyah. Hal ini membuktikan antusiasme warga lokal maupun pendatang yang ingin menikmati wisata pantai di Pantai Jayanti.

Meski tergolong minim fasilitas, namun tidak menyurutkan keinginan wisatawan untuk datang. Anda masih bisa menemukan fasilitas seperti pilihan tempat makan di sana. Namun untuk tempat menginap atau hotel berbintang, belum ada yang tersedia. Hanya sudah ada gubuk kecil tempat Anda bisa bersembunyi, yang juga disewakan. Ada beberapa penginapan atau rumah yang juga disewakan untuk bermalam. Dengan kisaran harga sekitar Rp. 50.000/malam.

Keindahan Pantai Jayanti

Selain terkenal dengan keindahannya. Anda harus tahu lebih banyak tentang berapa kali orang berguling-guling di ombak di pantai ini. Ombaknya memang besar dan tidak aman untuk berenang. Selain ombak yang besar, Pantai Jayanti juga memiliki arus yang kuat. Butiran pasir yang besar berwarna hitam kecoklatan. Tidak hanya terumbu karang yang bagus di Pantai Jayanti, pemandangan matahari terbenam juga sangat ditunggu-tunggu di sini. Di sebelah selatan pantai ini terdapat sebuah rumah batu yang disebut Kukumbung, yang konon pernah menjadi persinggahan Prabu Siliwangi dan Prabu Kian Santang, bahkan berkaki sangat besar.

Di beberapa pantai ada palung yang dalam. Anda bisa melihat di area tempat perahu-perahu berlabuh. Penduduk setempat menyebutnya “gada” yang berarti pintu. Mereka mengatakan ini masuk dan keluar dari pelabuhan. Sedangkan daerah dalam atau palung disebut juga legon dalam bahasa geografi.

Antrean di Pantai Jayanti tidak terlalu panjang dan terbentang dari Cipakis di barat hingga Cisela di timur. Di sisi barat sebagian besar agak landai dan hanya terdapat beberapa parit yang dalam. Sedangkan di bagian timur merupakan daerah berbatu dan berbatu.

Lokasi Pantai Jayanti akan melihat perkembangan yang relatif cepat. Dermaga nyaman digunakan. Sebagian besar perahu kayu yang ada digantikan oleh perahu fiber.

Berburu foto di Pantai Jayanti

Pantai Jayanti memiliki keindahan yang masih sangat alami, seolah belum terjamah pengunjung, padahal setiap hari banyak orang yang datang untuk menikmati wisata mini. Anda bisa memotret keindahan pantai dengan matahari terbenam.

Pantai ini merupakan benteng beton untuk mencegah erosi tanah. Jika Anda ingin melakukan aktivitas foto seperti prewedding atau lainnya, Anda bisa memilih lokasi Pantai Jayanti ini. Namun perlu diingat bahwa Anda perlu berhati-hati.

Tiket masuk Pantai Jayanti

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 10.000
  • Biaya parkir: Rp 15.000

(diperbarui Juni 2023)

Jam buka pantai Jayanti

Lokasi Akses ke Pantai Jayanti

Tempat wisata alam Pantai Jayanti ini bisa anda tempuh dengan cara atau rute yang berbeda-beda, contoh jika anda wisatawan dari Bandung bisa melalui Ciwidey, Naringgulm Cidaun, Jayanti. Entri ini akan sangat memanjakan Anda karena Anda bisa merasakan keindahan alam yang eksotis selama perjalanan Anda. Dengan kendaraan bermotor, jaraknya bisa sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan.

Sedangkan jika Anda datang dari Jakarta bisa langsung menuju Cianjur, Sukanagaram Tanggeung, Sindangbarang, Cidaun, Jayanti. Jalur ini agak jauh dari pilihan pertama tadi. Ada banyak trail atau rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju lokasi Pantai Jayanti. Jarak dan waktu tempuh tentunya tergantung dari tempat Anda berada.

Tips Berkunjung ke Pantai Jayanti

Perlu diketahui bahwa tidak banyak fasilitas yang tersedia di Pantai Jayanti. Anda hanya akan menemukan akomodasi, restoran, dan pantai berpasir yang luas. Sebaiknya Anda membawa bekal dari rumah untuk dinikmati selama perjalanan. Ajak keluarga atau rombongan Anda agar liburan semakin menyenangkan.

Sebaiknya rencanakan untuk bermalam di penginapan dekat venue, karena Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang sayang untuk dilewatkan. Meski harga tiketnya relatif murah, siapkan budget untuk membeli makanan di sana. Jangan lupa membawa perlengkapan kebersihan seperti sabun, tisu atau kantong plastik untuk tempat sampah. Jaga kebersihan diri dan lingkungan agar tidak mengotori lokasi wisata.

Jika Anda berkunjung bersama anak-anak Anda yang masih kecil, awasi aktivitas mereka karena tidak sedikit korban yang dikabarkan tenggelam di Pantai Jayanti karena ombaknya yang cukup tinggi. Bawa pakaian hangat. Hindari melamun atau menjauh dari kelompok. Banyak mitos yang mengatakan bahwa tempat ini ajaib karena memakan banyak korban. Percaya atau tidak, demi keselamatan, Anda harus menjaga postur tubuh selama berada di lokasi.

Pantai Jayanti merupakan kekayaan alam yang dimiliki Cianjur Selatan dengan keindahan dan cerita mistisnya. Saksikan bagaimana keagungan Tuhan menganugerahkan tempat yang indah di negara kita, Indonesia.

Galeri Foto Pantai Jayanti

Selamat datang di Pantai Jayanti
Fasilitas jajanan dan kuliner di Pantai Jayanti
Bersepeda ke Pantai Jayanti
pantai berpasir
Tempat foto terbaik
Berburu foto di Pantai Jayanti

Source: www.tempatwisata.pro

Show More

Related Articles

Back to top button