Wisata dan Petualangan

Pantai Santolo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Pantai Santolo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Tahun 2017 tinggal beberapa bulan lagi nih, heboh kan karena sudah hampir liburan akhir tahun? Anda bisa membuat rencana liburan mulai dari sekarang. Bagi pendatang baru mungkin bingung mencari referensi liburan di sekitar Garut Jawa Barat kemana. Namun bagi warga sekitar pasti sudah tidak asing lagi dengan Pantai Santolo.

Wisata alam di Indonesia tidak ada habisnya. Apalagi, destinasi wisata saat ini mendapat perhatian yang cukup dari pemerintah. Sehingga pantai Santolo ini memiliki daya tarik tersendiri. Pengunjung pertama kali akan menemukan pemandangan indah di mana nelayan tradisional juga biasanya berkumpul.

Pantai ini juga digunakan sebagai dermaga kapal nelayan atau kapal penangkap ikan di Pameungpeuk. Tak hanya itu, di pantai ini Anda akan menemukan tempat peluncuran rudal yang merupakan bagian dari lembaga LAPAN milik Indonesia dan TPI (Tempat Pelelangan Ikan).

Fasilitas di Pantai Santolo

Apakah Anda orang asing yang berkunjung ke Garut untuk menikmati keindahan Pantai Salonto? Jangan khawatir, di sekitar lokasi sudah banyak penginapan dengan tipe dan harga sewa yang berbeda-beda. Ada yang berkapasitas maksimal dua orang dengan harga Rp. 250.000/malam hingga Rp. 450.000/malam. Ada juga wahana banana boat yang bisa melengkapi aktivitas Anda di lokasi wisata. Bagi sebagian orang, pantai ini juga sering dijadikan tempat untuk berselancar.

Sedangkan jika pengunjung ingin lebih hemat saat menginap, Anda bisa memilih rumah sewa, karena biasanya harganya akan lebih murah. Maka dalam bidang kuliner juga terdapat berbagai jenis rumah makan dan rumah makan di tempat-tempat wisata bahkan ada yang buka sampai 24 jam terutama di akhir pekan. Karena letaknya di pinggir pantai, kebanyakan makanan di restoran manapun adalah makanan laut dan juga ikan bakar.

Legenda Pantai Santolo

Setiap tempat di Indonesia selalu memiliki cerita yang wajib kita tonton dan ketahui. Tidak terkecuali pantai yang indah ini. Konon, dahulu kala Belanda memanfaatkan pantai ini sebagai dermaga untuk mengangkut berbagai jenis rempah-rempah ke kapal-kapal besar di tengah laut.

Tak heran jika banyak bangunan atau peninggalan sejarah peninggalan Belanda di tempat-tempat wisata. Saat ini Pantai Santolo menjadi yang paling populer khususnya di daerah Garut. Jika sempat mencari referensi sejarah atau legenda pantai ini, tak sedikit yang menyebutkan kemisteriusannya. Dengan bijak kita menjaga sikap selama berada di lokasi wisata.

Alamat Pantai Santolo

Pantai ini terletak di sisi timur, di hilir sungai bernama Sungai Cilautereun. Dari pusat kota Garut, Pantai Santolo berjarak 88 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam. Tepatnya, Pantai Santolo terletak di Jalan Raya Cilautereun.

Tempat wisata ini tidak hanya terkenal di sekitar Garut tetapi juga menjadi favorit masyarakat Jakarta, Bandung dan Tasikmalaya. Keindahannya mempesona siapa saja yang ingin memiliki pemandangan pantai yang indah.

Tiket masuk Pantai Santolo

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Juli 2023)

Jam buka pantai Santolo

Tips berwisata di Pantai Santolo

Seperti kebanyakan kunjungan ke tempat wisata lainnya, liburan/jalan-jalan ke pantai juga membutuhkan persiapan yang matang agar aktivitas Anda di tempat wisata lebih menyenangkan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan, seperti memperhatikan kondisi cuaca jika ingin ke Pantai Santolo. Tidak ada salahnya mengetahui prakiraan cuaca untuk daerah tersebut. Tidak disarankan berlibur ke pantai saat musim hujan.

Anda juga bisa memesan jauh-jauh hari jika ingin menginap di sekitar lokasi dengan menyesuaikan budget. Ada banyak varian harga sewa, ada baiknya Anda membandingkan masing-masing penginapan untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selalu utamakan keselamatan dan kebersihan saat bepergian. Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai makanan laut, Anda bisa menyiasatinya dengan membawa bekal dari rumah. Hal ini dikarenakan sebagian besar rumah makan di sekitar pantai memang menawarkan menu seafood. Untuk harga relatif lebih mahal.

Itulah informasi dan beberapa tips bagi calon pengunjung. Yuk, ajak keluarga dan teman-temanmu untuk menikmati musim liburan Pantai Santolo, wisata alam yang menampilkan keindahan. Tempat ini menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki banyak potensi wisata. Selamat berlibur !

Galeri foto pantai Santolo

Pantai Santolo
Potret bebatuan di pantai
Mercusuar di Pantai Santolo
Kapal pesiar foto
Matahari terbenam di pantai Santolo

Source: www.tempatwisata.pro

Show More

Related Articles

Back to top button