Wisata dan Petualangan

4 tempat menarik di Kota Tua Semarang untuk foto

4 tempat menarik di Kota Tua Semarang untuk foto

Akhir-akhir ini saya cukup sering mengunjungi Semarang. Selain ada beberapa urusan pribadi yang harus diselesaikan, saya ingin tahu lebih banyak tentang ibu kota provinsi Jawa Tengah ini.

Bagi kebanyakan orang, Semarang mungkin tidak terlalu istimewa. Panas sekali di kota ini. Lebih panas dari Solo tempat saya tinggal. Tentunya karena Semarang terletak di kawasan pesisir Laut Jawa. Seperti kota-kota lain di Indonesia, Semarang juga memiliki cerita sejarahnya sendiri. Salah satu tempat di Semarang yang memiliki cerita sejarah adalah Kota Lama. Pada masa penjajahan Belanda sekitar abad 19-20, Kota Lama merupakan pusat perdagangan sekaligus pusat bisnis di Semarang. Banyak gedung yang dulunya perkantoran masih berdiri di kawasan Kota Lama. Ada yang sudah dikonversi, ada yang dibiarkan kosong begitu saja.

Suasana di Kota Tua sangat mirip dengan Kota Tua di Jakarta. Kita akan melihat banyak bangunan tua bergaya Eropa. Termasuk Gereja Blendug, ikon kota tua.

Ngomong-ngomong, kalau mau ke Semarang, pilihan transportasinya banyak. Jika ingin bergaya lokal, ada Trans Semarang yang memiliki armada dan rute yang cukup banyak. Jika Anda bersama rombongan dan ingin lebih leluasa, ada banyak perusahaan rental mobil di Semarang yang bisa Anda andalkan.

Kembali ke kota tua.

Tempat ini terutama merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi anda yang menyukai tempat wisata sejarah. Suasana malam di kawasan ini sungguh menyenangkan. Anda dapat berjalan-jalan menyusuri lorong-lorong di waktu senggang menikmati suasana malam yang romantis sambil berfoto di tempat-tempat yang Anda minati. Oh ya, di Kota Lama juga banyak kedai kopi. Salah satunya adalah Filosofi Kopi, kedai kopi yang dipopulerkan oleh film tersebut.

Berikut 4 tempat menarik di Kota Tua yang sangat menarik untuk berfoto.

1. Gereja Blenduk

Nama asli gereja ini adalah Gereja GPIB Immanuel. Sebuah gereja Kristen yang dibangun pada tahun 1753 oleh Belanda yang tinggal di Kota Lama pada saat itu. Gereja ini merupakan gereja Kristen tertua di Jawa Tengah dan masih aktif digunakan untuk beribadah setiap hari Minggu. Nama “Gereja Blenduk” merupakan julukan yang pernah diberikan oleh masyarakat dan merujuk pada kata “blenduk” yang berarti kubah.

Gereja Blenduk adalah landmark utama Kota Lama. Sebuah taman telah dibuat di depan gereja untuk duduk dan bersantai sambil menikmati suasana. Datanglah ke Gereja Blenduk sekitar pukul 16.30 atau sebelum matahari terbenam. Suasananya sangat bagus.

2. Jalan Depan Gereja Blenduk

Jika Anda senang berfoto di sekitar Gereja Blenduk, pergilah ke gang di depannya (tepat di depan gereja). Ada dinding tua yang telah dikupas untuk mengungkap batu bata. Sangat menarik untuk digunakan sebagai background foto bertema antik. Ada juga sofa kosong yang bisa dijadikan media untuk berpose. Jika beruntung, Anda juga akan menemukan sepeda hias yang disediakan untuk berfoto (berbayar, ya).

3. Dekat gedung Bank Mandiri Mpu Tantular

Spot di sekitar gedung Mandiri Band juga cukup menarik untuk foto. Seingat saya, ada dua gedung Bank Mandiri di kawasan Kota Lama. Gegung yang saya maksud adalah yang ada di Jalan Mpu Tantular. Datang ke sini di pagi hari sebelum macet. Pemandangan dan suasana akan terlihat sangat menarik. Tanpa lalu lintas kendaraan, jalan di depan gedung ini terlihat seperti trotoar karena konstruksinya menggunakan paving persegi panjang (walaupun kiri dan kanannya sudah ada trotoar).

4. Museum 3D Trick Art Semarang di Kota Tua

Berjalanlah beberapa langkah ke arah barat Gereja Blenduk dan Anda akan menemukan wahana 3D bernama Old City 3D Trick Art Museum Semarang. Ada kedai kopi (FLOWER CAFE) di depan kendaraan ini. Nah di deretan coffee shop ini terdapat etalase klasik yang cukup menarik untuk dijadikan backdrop. Terakhir kali saya di sana saya bertemu dengan dua wanita muda melakukan sesi foto.

TIPS

Datanglah ke kota tua setelah jam tiga sore. Suasana sore dan menjelang senja sangat menyenangkan di kawasan ini. Apalagi Anda tidak akan heran dengan cuaca panas di Kota Semarag. Atau, jika ingin mengabadikan foto suasana tenang kota tua, datanglah pagi-pagi sekali sebelum kendaraan melintas.

Source: www.yukpiknik.com

Show More

Related Articles

Back to top button