Wisata dan Petualangan

Mushroom Hill Gresik: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Mushroom Hill Gresik: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Ketika Anda merasa lelah karena semua pekerjaan atau urusan lain, Anda pasti memikirkan rekreasi yang menyenangkan baik sendirian bersama keluarga atau teman. Namun tidak sedikit yang mengurungkan niat untuk pergi berlibur, karena kebanyakan orang beranggapan bahwa berlibur pasti selalu mengeluarkan banyak biaya. Ada berbagai jenis objek wisata di sekitar Anda yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmatinya. Apalagi jika Anda tinggal di Gresik, sebuah lingkungan di Jawa Timur. Anda tidak perlu pergi jauh ke luar kota untuk menyegarkan diri dan bersantai setelah seharian bekerja. Di Gresik ada beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi dengan biaya murah, misalnya Bukit Jamur.

Bukit Jamur Gresik merupakan objek wisata di Desa Bungah, Kecamatan Bungah. Bosan dengan obyek wisata yang sangat umum seperti pantai atau taman air, anda bisa mencoba datang ke tempat wisata yang menawarkan keunikan yang belum pernah anda lihat sebelumnya di tempat lain, seperti yang ada di bukit jamur ini. Banyak pengunjung atau orang yang suka jalan-jalan datang ke tempat ini apalagi setelah Bukit Jamur Gresik dijadikan program wisata terkenal di salah satu stasiun televisi swasta.

Properti wisata ini menawarkan pemandangan yang mirip ngarai di Semarang, Jawa Tengah. Perbukitan berwarna coklat seperti lumpur kering. Uniknya, payung jamur di bukit ini berwarna hitam sehingga memberikan kesan sangat mirip dengan jamur asli. Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang berdiri sendiri dan mencapai ketinggian 7 meter, ada yang seukuran manusia, ada yang berjongkok, bercabang dan lain sebagainya. Sungguh fenomena alam yang sangat unik yang membuat banyak orang penasaran.

Sedikit sejarah dari bukit jamur ini adalah sebelum terbentuk seperti saat ini, lokasi Bukit Jamur Gresik ini dulunya merupakan tempat penambangan batu kapur. Seiring waktu, fenomena alam yang disebut “batu jamur”, perubahan bentuk tanah berbatu yang menyerupai jamur, tiba-tiba terjadi.

Tanah yang membatu seperti yang terdapat di lokasi wisata ini memiliki tingkat kepadatan yang berbeda-beda. Dalam kasus batuan jamur, batuan di bagian atas lebih kuat, sehingga volumenya tidak mudah berubah. Sedangkan lapisan di bawahnya bersifat rapuh, sehingga mudah terbawa angin. Ini sudah berlangsung lama. Itulah mengapa fenomena Bukit Jamur Gresik tercipta.

Fasilitas di Bukit Jamur Gresik

Sayangnya bagi anda yang ingin ke tempat wisata yang satu ini harus menerima kenyataan bahwa anda tidak akan menemukan banyak fasilitas karena Bukit Jamur Gresik masih digunakan untuk proyek-proyek. Berikut beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan;

– Toilet umum

Beberapa kamar mandi atau toilet umum disediakan di berbagai titik di lokasi ini bagi pengunjung yang ingin cuci tangan atau buang air kecil. Meski harus berjalan agak jauh, setidaknya tidak perlu mencari lagi.

– Medan untuk parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri atau menyewa bus wisata, masalah parkir tidak perlu lagi dikhawatirkan, karena di sini tempat parkir mobil cukup luas untuk beberapa bus dan ratusan mobil atau sepeda motor pengunjung. Selain itu, tempat parkirnya dijamin aman karena ada satpamnya.

– Warung atau tempat makan

Agak jauh dari Bukit Jamur Gresik, Anda bisa menemukan warung atau rumah makan yang menjual makanan dan minuman khas Gresik dengan harga terjangkau. Jika sudah puas menikmati jamur batu, Anda bisa langsung mengisi perut.

Semoga kedepannya pemerintah atau pengelola kabupaten Gresik dapat lebih memperhatikan tempat ini dan membangun fasilitas lain yang dibutuhkan oleh wisatawan.

Berburu foto di Bukit Jamur Gresik

Tidak lengkap rasanya jika datang ke tempat wisata tanpa membawa kamera untuk berfoto bersama keluarga atau teman. Di Bukit Jamur Gresik ini Anda akan menemukan beberapa tempat menarik untuk berfoto. Kebanyakan anak muda atau pengunjung lain yang datang senang berdiri di tengah gugusan batu jamur atau memanjat batu jamur yang lebih tinggi dan kokoh untuk mendapatkan pemandangan yang lebih baik. Pemandangan dari bawah di spot ini yang berwarna cokelat muda kekuningan berpadu dengan bebatuan jamur yang unik akan membuat foto Anda terlihat sangat Instagrammable. Jangan lupa setelah Anda mendapatkan banyak foto untuk diunggah ke berbagai media sosial yang Anda miliki dan perkenalkan destinasi wisata ini kepada masyarakat luas.

Baca Juga: Gunung Surowiti, Menelusuri Jejak Siar Sunan Kalijogo

Akses jalan menuju Bukit Jamur Gresik

Anda yang ingin menuju objek wisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dengan jalur dari kota Gresik ke arah barat melalui jalur pantura. Setelah melewati jembatan sungai Bengawan Solo Sembayat anda akan menemukan pertigaan Bungah, dari pertigaan ini belok kiri dan ikuti petunjuk arah dukun, sekitar 1 km disebelah kanan jalan terdapat gang yang bukit kapurnya masuk ke area pertambangan dan Proyek perumahan Pondok Bungah Indah. Setelah masuk gang, lurus saja sampai ujung pertigaan, belok kiri dan ikuti jalan tersebut, anda akan melihat bukit jamur di sisi kanan jalan.

Harga tiket masuk Bukit Jamur Gresik

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Juli 2023)

Jam buka Bukit Jamur Gresik

  • Buka setiap hari dari jam 6 pagi – 5 sore

Tips liburan ke Bukit Jamur Gresik

  • Pastikan kendaraan dalam kondisi baik
  • Bawalah topi dan kacamata jika hari sangat panas
  • Jangan mencemari lingkungan
  • Jangan mencoret-coret batu di sana

Galeri foto Bukit Jamur di Gresik

Selamat datang di Bukit Jamur
Batuan Yang Bentuknya Seperti Jamur
Bukit Jamur
Tempat foto
Berburu foto di Mushroom Hills

Source: www.tempatwisata.pro

Show More

Related Articles

Back to top button