Wisata dan Petualangan

Gunung Pancar: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Gunung Pancar: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Jika Anda berada di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Anda akan menemukan objek wisata yang banyak digemari oleh para penikmat travel. Utamanya Jakarta dan sekitarnya. Gunung Pancar, tempat ini bisa kamu kunjungi saat penat dengan hiruk pikuk kota dan mandi air panas di sana.

Di tempat wisata ini terdapat jalur sepeda gunung, hiking, menunggang kuda, pondok hutan, penangkaran rusa, taman burung. Tersedia 10 kabin hutan dengan kapasitas 4 orang atau tempat tidur single besar. Anda juga mendapatkan menu sarapan, jagung mentah, pemandian air murni dan sumber air panas, serta api unggun.

Fasilitas di Gunung Pancar

Selain menikmati suasana pegunungan, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas seperti Farming Park, Outbond antara lain flying fox, jembatan gantung, jembatan Elvis, jembatan tali, hell barrier, jaring laba-laba, close eye, paintball, ice breaking dan panjat tebing.

Tak hanya itu, tersedia pula 200 tenda untuk Area Camping Ground dan 30 toilet. Di Farming Park Anda bisa melihat budidaya tanaman di sekitar rumah penduduk. Menyediakan jalur sepeda di taman pertanian. Ada berbagai jenis burung yang mungkin Anda temui seperti elang, kutilang, ayam hutan merah, srigunting, jalak, rangkong dan spesies rusa seperti rusa totol, jawa dan bawean.

Sejarah Gunung Pancar

Gunung Pancar terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakann Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung ini penuh dengan mitos. Konon gunung ini disebut sebagai awal dan akhir kehidupan di bumi menurut penduduk setempat. Sebelum ada kehidupan di Bumi, tidak ada gunung pada masa itu dan seringkali tempat ini berguncang dan isinya sering tercabik-cabik. Meski tidak seberapa tingginya, yakni 800 meter di atas permukaan laut

Diduga karena sering berguncang, muncullah sesuatu yang besar yaitu Gunung Pancar. Tempat ini juga menjadi tempat bagi pengunjung yang ingin mengetahui lebih jauh tentang ilmu gaib. Gunung Pancar dianggap sebagai fondasi terpenting Bumi. Kata sinar sendiri berarti tiang atau pasak. Jika gunung ini hancur akibat letusan, maka itu pertanda kehancuran alam semesta.

Gunung ini dipercaya sebagai pusat kerajaan gaib para arwah bahkan sebagian orang percaya bahwa menjelang hari kiamat semua arwah bangsa jin, setan dan setan yang menghuni gunung tersebut akan ditaklukan dalam peperangan dan dimenangkan. oleh mahluk halus yang bertahta di puncak Gunung Pancar dimana terdapat makam – makam keramat yang sangat tua.

Beberapa tokoh legendaris disini adalah makam Mbah H Dalem Putih, Ki Mas Bungsu, Mbah Raden Lawulung, Mbah Raden Surya Kencana, Mbah Kalijaga dll. Ada satu pusaka yang diburu dan misterius. Yakni Besi Koneng yang memiliki pancaran cahaya dan kekuatan magis yang tinggi. Hal ini dipercaya sebagai peninggalan sosok keramat di salah satu makam keramat di sana.

Pintu masuk ke lokasi Gunung Pancar

Untuk menuju Gunung Pancar yang berada sekitar 800 meter di atas permukaan laut, Anda bisa melewati jalan tol dan belok di Gerbang Tol Sentul Selatan kemudian lanjutkan jalan melewati Desa Babakan Mandag dan Desa Karang Tengah.

Kondisi jalan beraspal dan cukup baik dengan jarak tempuh sekitar 13 km dan waktu tempuh sekitar 20 menit. Jika menggunakan sepeda motor atau sepeda, Anda bisa melewati Desa Cimahpar yang juga menuju Sentul Selatan. Namun yang harus diingat adalah medan gunung membutuhkan tenaga tambahan.

Tiket masuk Gunung Pancar

hari kerja

  • Harga tiket masuk wisata domestik: Rp 5.000/orang
  • Biaya masuk wisata internasional: Rp 100.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 5.000
  • Biaya parkir: Rp 10.000

Akhir pekan

  • Harga tiket masuk wisata domestik: Rp 7.500/orang
  • Biaya masuk wisata internasional: Rp 150.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 7.500
  • Biaya parkir: Rp 15.000

Buku tahunan sekolah : Rp 1.500.000 (tidak termasuk tiket masuk dan kendaraan)

(diperbarui Juni 2023)

Jam buka Gunung Pancar

Tips Liburan ke Gunung Pancar

Sebelum berlibur, ada baiknya Anda membaca tips persiapan liburan berikut ini. Ajaklah banyak teman atau keluarga Anda ke Gunung Pancar jika Anda merasa sendirian atau jika Anda berdua terlalu takut mengingat mitos yang ada. Persiapkan perbekalan secukupnya karena perjalanan cukup melelahkan.

Pastikan kondisi kesehatan Anda prima, medan untuk mendaki gunung tidaklah mudah setinggi apapun. Jika ingin berwisata dengan fasilitas yang ditawarkan, pesan jauh-jauh hari. Ikuti aturan yang berlaku di sana, seperti membayar harga tiket prewedding yang benar atau membuat buku tahunan sekolah, jangan curang karena akan dihentikan oleh pengelola.

Jagalah kebersihan dan sikap selama berada di lokasi wisata, percaya atau tidak Gunung Pancar terkenal dengan makam keramatnya. Berencana untuk menginap semalam atau dua hari karena jika hanya datang sehari saja akan terasa lelah dan butuh waktu istirahat.

Itulah beberapa ulasan dan informasi tentang Toko Pankar. Semoga menambah referensi anda dalam berwisata.

Galeri Foto Gunung Pancar

Mendaki Gunung Pancar
Potret sungai
Tempat foto terbaik
Fasilitas akomodasi terdekat
Berkemah di Gunung Pancar

Source: www.tempatwisata.pro

Show More

Related Articles

Back to top button