Wisata dan Petualangan

Danau Situ Patenggang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Danau Situ Patenggang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setiap orang dalam menentukan tempat liburan pasti berbeda-beda. Ada orang yang lebih suka berlibur ke pegunungan, ada juga yang melakukannya santai, atau yang sekedar ingin jalan-jalan di antara pepohonan pinus. Sedangkan jika ingin liburan romantis tapi tidak membosankan, yuk berwisata ke Danau Situ Patenggang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Danau Situ Patenggang adalah danau eksotis yang dikenal romantis karena batu cinta dan pulau cintanya. Konon nama Situ Patenggang merupakan gabungan dari dua kata. Situ artinya lebih, Patenggang atau Patengan artinya saling bertemu. Pergi ke tempat ini, Anda bisa mendapatkan udara sejuk dan pemandangan alam yang indah.

Fasilitas di Danau Situ Patenggang

Bukan hanya pemandangan danau yang Anda dapatkan saat memilih tempat ini menyegarkan, banyak fasilitas lain yang membuat anda lebih nyaman. Beberapa diantaranya adalah penginapan di sekitar tempat wisata bagi anda yang ingin bermalam, restoran, tempat parkir, toilet umum dan toko souvenir.

Untuk penginapan, jarak terdekat ke danau adalah di depan gerbang masuk Kawah Putih Ciwidey. Penginapan ini adalah hotel Emte Highland. Sedangkan jika ternyata sudah penuh dipesan (full). Tak perlu khawatir, ada juga hotel yang berjarak sekitar 2 km dari lokasi tepi danau. Hotel-hotel tersebut adalah Ciwidey Valley dan Albis Hotel Ciwidey.

Kegiatan di Danau Situ Patenggang

Pernahkah Anda berpikir mengapa Anda pergi berlibur ke danau yang hanya bisa Anda lihat? Jangan salah, Anda bisa menekuni hobi lama Anda seperti memancing, boat trip, bebek air dan perahu dayung di sekitar danau yang cocok untuk segala usia atau bahkan berkemah.

Danau Situ Patenggang juga tidak jauh dari lokasi Kawah Putih Ciwidey yang hanya berjarak sekitar 10 menit saja. Sehingga anda bisa membuat paket untuk destinasi wisata Situ Patenggang dan Kawah Putih Ciwidey.

Legenda Danau Situ Patenggang

Penasaran kenapa bisa disebut telaga romantis dan terkenal dengan batu cintanya? Tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengetahui asal muasal nama ini. Konon bermula ketika Putra Prabu dan Putri, titisan Dewi yang tumbuh bersama alam, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis saling jatuh cinta. Mereka sempat berpisah cukup lama dan bertemu kembali di tempat yang kini disebut Batu Cinta.

Saat itu Dewi Rengganis meminta Ki Santang membuatkan danau dan perahu agar bisa berlayar bersama Ki Santang. Perahu ini konon berbentuk pulau berbentuk hati dan disebut Pulau Asmara atau Pulau Sasaka. Menurut mitos dan cerita warga setempat, jika sepasang kekasih singgah di Batu Cinta dan berkeliling Pulau Asmara, mereka akan selalu menjadi cinta sejati, seperti kisah Dewi Rengganis dan Ki Santang. Terlepas dari mitos itu, siapapun yang menghabiskan waktu bersama saat berlibur pasti akan saling mencintai, ya, apalagi saat ke Danau Situ Patenggang.

Alamat Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang terletak di kawasan Ciwidey dengan ketinggian 1600 mdpl, sekitar 47 km dari kota Bandung ke arah selatan. Jika Anda melakukan perjalanan ke danau ini, bisa memakan waktu sekitar 2 jam. Anda bisa menikmati pemandangan alam dan betapa eksotisnya danau dengan luas sekitar 45.000 hektar dan cagar alam seluas 123.0777,15 hektar.

Sepanjang jalan Anda akan menemukan pepohonan rindang serta kebun teh dan strawberry di kanan kirinya. Jika menggunakan kendaraan pribadi, untuk menghemat waktu anda bisa memilih jalur Kopo, lalu ke Soreang dan menuju Ciwidey dan sampailah di wisata keren ini.

Harga Tiket Masuk Danau Situ Patenggang

  • Biaya masuk reguler: Rp 25.000
  • Biaya masuk saluran: Rp 100.000

(diperbarui Juni 2023)

Jam Buka Telaga Situ Patenggang

  • Buka setiap hari dari pukul 09:00 – 17:00

Tips Mengunjungi Danau Situ Patenggang

Agar semuanya berjalan sesuai rencana, yuk simak tips sederhana saat kamu dan teman-teman berada di Danau Situ Patenggang.

Kawasan Danau Situ Patenggang merupakan kawasan yang berhawa dingin, terkadang berkabut. Disarankan untuk membawa pakaian hangat. Jika Anda ingin naik perahu untuk berkeliling danau, ada baiknya Anda bernegosiasi terlebih dahulu. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 15.000 per orang. Namun, semakin banyak penumpang biasanya semakin murah.

Jika jarak rumah Anda dengan lokasi Telaga Situ Patenggang cukup jauh, perhatikan berapa jam perjalanan yang Anda perlukan agar tidak kepanasan saat ingin bermain wahana air seperti yang sudah disebutkan tadi. Lakukan reservasi kamar hotel secara online jika Anda berencana untuk menginap. Biasanya pihak hotel memberikan diskon yang lumayan besar. Pemesanan bisa dilakukan melalui Agoda dengan kartu kredit, sedangkan untuk transfer bank bisa masuk ke PegiPegi kata kunci.

Selamat Liburan, semoga kalian semakin saling mencintai setelah menghabiskan waktu bersama di tempat wisata yang romantis, Danau Situ Patenggang.

Galeri foto Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang
Kapal pesiar foto
Memancing di Danau Situ Patenggang
Keindahan Danau Situ Patenggang

Fasilitas akomodasi terdekat

Source: www.tempatwisata.pro

Show More

Related Articles

Back to top button