Wisata dan Petualangan

Pantai Tambakrejo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Pantai Tambakrejo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Berwisata ke suatu tempat pasti sangat menyenangkan, apalagi jika kita pergi bersama orang-orang terdekat seperti keluarga, sahabat atau pasangan. Bukan hanya untuk wisata atau liburan, Anda harus mengeluarkan banyak uang atau bahkan pergi ke luar negeri. Di dalam negeri, masih banyak tempat wisata yang mungkin belum Anda ketahui atau belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Bagi Anda yang tinggal di Jawa Timur, tak ada salahnya sesekali melakukan side trip ke Blitar. Meski terkenal dengan objek wisata sejarah terutama yang berkaitan dengan Bung Karno, Blitar juga memiliki banyak tempat wisata yang indah seperti Pantai Tambakrejo misalnya.

Pantai Tambakrejo terletak sekitar 30 km dari kota Blitar, tepatnya di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Upacara “Larung Sesaji” dilakukan di lokasi ini setiap bulan Suro pertama (tahun baru dalam kalender Jawa), yang dihadiri oleh ribuan orang dari berbagai daerah.

Laut Selatan (Samudra Indonesia) riak ombak dan sinar matahari di malam hari, membuat suasana terasa damai. Cocok untuk penduduk kota yang bosan dengan kehidupan metropolitan. Mereka dapat menikmati pantai alami dengan ombak yang indah dan matahari terbenam yang indah. Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di pantai ini seperti; berenang, berjemur, memancing, kano, dll. Pantai Tambakrejo dengan pasir putih yang membentang sekitar 10 km.

Terdapat hutan karet di sekitar pantai yang menambah keindahan alamnya. Dan melalui jalan itu Anda bisa melihat bukit-bukit kapur yang kering. Setibanya di pantai, pengunjung bisa melihat birunya laut dan kano yang bisa diantar ke tengah laut. Anda bisa menikmati udara pagi dan makanan laut segar di Pantai Tambakrejo. Jika Anda ke Blitar, cobalah mengunjungi Pantai Tambakrejo, Anda akan mendapatkan pengalaman baru.

Bagi Anda yang memang ingin mencoba bermain di sana, sepertinya Anda harus mengubur keinginan Anda karena sesampainya di Pantai Tambakrejo Anda akan menemukan poster peringatan yang cukup besar dengan kata-kata yang bisa dibilang ‘mengerikan’;

Mandilah di laut, kami siap mencari tubuhmu.

Poster ini memang dibuat oleh pihak pengelola karena sudah banyak korban di pantai ini karena sangat ingin berenang. Ombaknya yang cukup besar dan tinggi karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia menjadi alasan utama mengapa sebaiknya Anda tidak berenang di sana.

Meski demikian, tidak perlu bersedih karena Anda masih bisa menikmati keindahan pantai dengan duduk di atas pasir pantai sambil menyaksikan pemandangan yang menyegarkan mata.

Fasilitas di Pantai Tambakrejo

Obyek wisata ini telah menyediakan berbagai fasilitas untuk dinikmati pengunjung meskipun tidak terlalu banyak seperti;

– Kamar mandi umum

Salah satu fasilitas penting tersebut telah disediakan oleh pihak pengelola, sehingga Anda tidak perlu khawatir dan bingung mencari toilet jika ingin buang air kecil atau sekedar membasuh bagian tubuh setelah bermain di pasir pantai.

– Gudang taman

Dengan hadirnya gazebo di lokasi ini, pengunjung dapat bersantai menikmati pemandangan air laut, deburan ombak dan hamparan pasir pantai sambil menyantap snack atau bekal yang anda bawa dari rumah.

– Masjid

Rekreasi tidak boleh meninggalkan layanan doa. Untungnya, Anda bisa dengan mudah menemukan mushola di objek wisata ini jika ingin langsung salat.

– Warung atau tempat makan

Bagi Anda yang lupa atau tidak sempat membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, jangan khawatir karena di kawasan ini terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Area parkir

Fasilitas parkir di tempat wisata ini juga cukup luas dan cocok bagi wisatawan yang membawa kendaraan bermotor.

Berburu foto di Pantai Tambakrejo

Di Pantai Tambakrejo, bagi Anda yang hobi fotografi bisa memotret tempat-tempat menarik. Pemandangan laut dan Samudera Hindia dari kejauhan yang kontras dengan birunya langit yang mengelilinginya pasti sangat menarik untuk di abadikan dan kemudian di posting di media sosial anda agar banyak orang mengetahui keindahan Pantai Tambakrejo.

Selain itu, terdapat lokasi yang juga banyak digunakan oleh wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berfoto bersama teman atau sekedar bersenang-senang, lokasi tersebut berada di atas bebatuan di pinggir pantai. Anda dapat meminta orang lain untuk mengambil foto Anda saat Anda duduk atau berdiri dengan latar belakang laut yang indah.

Baca Juga: Wisata Waduk Sidodadi Glenmore, Tempat Wajib Dikunjungi di Banyuwangi

Akses jalan menuju pantai Tambakrejo

Bagi anda yang ingin mengunjungi pantai ini, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi anda. Jarak tempuh Pantai Tambakrejo dari pusat kota Blitar sekitar satu jam. Dari Blitar, Anda tinggal mencari lokasi kecamatan Kademangan. Dari kawasan Kademangan ini Anda akan dipandu langsung ke lokasi pantai sesuai petunjuk arah. Pantai ini dapat dicapai dengan melewati bukit dan gunung yang naik turun dan berkelok-kelok.

Harga tiket masuk Pantai Tambakrejo

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(diperbarui Juni 2023)

Jam buka Pantai Tambakrejo

Tips liburan di pantai Tambakrejo

  • Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman
  • Lebih banyak datang pada sore hari jika Anda tidak menyukai terik matahari
  • Gunakan tabir surya
  • Awasi anak-anak Anda saat mereka bermain di pantai

Galeri Foto Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo di Blitar
pantai berpasir
Potret perahu nelayan
Keindahan pantai Tambarejo
Matahari terbenam di pantai Tambakrejo

Source: www.tempatwisata.pro

Show More

Related Articles

Back to top button