Wisata dan Petualangan

Danau Setu Patok: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Danau Setu Patok: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Bekerja sudah menjadi kewajiban. Dan tahukah Anda bahwa sesibuk apapun pekerjaan Anda, otak tetap membutuhkan liburan? Sejenak Anda bisa menjadwalkan diri untuk menikmati keindahan tempat-tempat wisata di sekitar Anda. Sejuk rasanya jika bisa membayangkan suasana pegunungan, laut atau lingkungan yang hijau. Objek wisata yang bisa Anda pertimbangkan kali ini adalah Danau Setu Patok.

Danau Setu Patok terletak di Mundu, Cirebon, Jawa Barat. Tempat ini sering dipadati wisatawan, baik saat week end maupun akhir pekan. Banyak orang yang lebih memilih keindahan tempat wisata ini karena pesona keindahannya.

Fasilitas di Danau Setu Patok

Danau Setu Patok memiliki beberapa fasilitas untuk membuat liburan Anda semakin nyaman, seperti tempat parkir yang luas, mushola, kamar mandi/toilet umum dan penginapan. Di sisi lain, objek wisata ini memiliki Ciwalk atau kawasan wisata yang berada di pinggir waduk.

Fasilitas termasuk kabin wisata, area hiburan, area berkemah, dan kolam renang. Ada juga trek ATV, area painball dan sebagainya. Anda juga bisa menemukan warung-warung kecil di dekat tempat tersebut untuk menikmati makanan selama kunjungan Anda.

Sejarah Danau Setu Patok

Setu Patok adalah nama yang terkenal karena Setu Patok tidak hanya dapat mengairi sawah, tetapi juga menjadi objek wisata domestik. Dikatakan, dulu ketika sering terjadi banjir, Sungai Naggela yang mengaliri desa Setu sering meluap dan banjir juga terjadi di desa Setu dan sekitarnya. Ketika musim hujan tiba, masyarakat sudah siap dan yakin kawasan itu akan tergenang air.

Hal ini menjadi perhatian seorang tokoh setempat, yakni seorang keturunan Luwung, Kiai Ento Rujitnala. Ia memikirkan keluhan masyarakat tentang gagal panen atau rumah yang rusak akibat banjir. Selain disegani, Kiai Entol dikenal sakti. Maka Kia Entol Rujitnala dengan bantuan masyarakat membangun bendungan untuk mengatasi banjir di Sungai Nanggela.

Sayangnya, warga Desa Setu tak lepas dari bencana setelah bendungan selesai dibangun. Bendungan itu bahkan sempat bocor atau jebol saat dialiri Sungai Nanggela. Kiai Entol masih harus berpikir keras apa yang harus dilakukan untuk membantu warga sekitar.

Karena tekadnya yang besar untuk membantu masyarakat, akhirnya ia memutuskan untuk membangun kembali bendungan yang dilanjutkan dengan sayembara. Siapapun yang berhasil membangun bendungan yang kuat dan mencegah banjir di Desa Setu akan dinikahkan dengan putrinya yang cantik, Nyai Ratu Randulawang.

Mendengar pertandingan tersebut, seorang pemuda pemberani dan santun bernama Muqoyyim Seya datang. Dia menempatkan tiang di setiap sudut bendungan dan menempelkan sepotong transparan. Dia meminta Kiai Entol untuk duduk bersamanya di sekitar bendungan untuk berdoa memohon bantuan. Tidak butuh waktu lama bagi bendungan untuk menjadi bangunan kokoh yang seolah tidak ada yang bisa menghancurkannya. Melihat itu, warga pun bergembira dan Kiai Muqoyyim menikahi putri Kiai Entol, Nyi Ratu Randulawang.

Berburu foto di Danau Setu Patok

Jika Anda berkunjung ke Danau Setu Patok, jangan lupa untuk mengabadikan keindahannya. Luas Ciwalk sekitar 30 hektar dan tersedia banyak wahana. Pesona tempat ini terletak pada sore hari dimana pengunjung memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah. Pantulan cahaya keemasan menerpa air danau dengan latar belakang Gunung Ciremai membuat malam semakin istimewa.

Ciri khas tempat ini juga terletak di atas bukit di tengah genangan air. Saat memasuki musim hujan, danau ini dipenuhi air. Namun pada musim kemarau, limpasan air akan berkurang. Anda bisa mengunjunginya karena disediakan oleh kapal yang dioperasikan oleh pihak swasta. Berburu foto sepuasnya, tapi ingat untuk menjaga keselamatan karena kemiringannya sangat tajam.

Danau Setu PatokSumber Google Maps Harga tiket masuk Danau Setu Patok

  • Biaya Masuk: IDR 0 (Gratis)
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya parkir: Rp 5.000

(diperbarui Juni 2023)

Jam buka Danau Setu Patok

Pintu masuk ke lokasi Danau Setu Patok

Jika Anda warga Cirebon mungkin sudah tidak asing lagi dan tidak kesulitan menemukan objek wisata ini. Namun, jika Anda adalah pendatang baru, Anda perlu menemukan cara yang tepat untuk menuju ke lokasi.

Sarana transportasi yang Anda gunakan bisa dengan mobil atau sepeda motor Anda sendiri. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi dan mencarinya melalui Google maps karena sudah ditandai dengan nama Danau Setu Patok. Bus melewati Perumnas Pamengkang, Kalijaga, Bandengan dan Beber. Rute siklus ini sangat bermanfaat.

Tips mengunjungi Danau Setu Patok

Pergi berlibur berbeda untuk setiap orang. Jika Anda suka berlibur sendirian, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika Anda memiliki rombongan teman dan menginap, sangat disarankan untuk memesan akomodasi terlebih dahulu. Lakukan perbandingan harga beberapa akomodasi yang ada. Jika ingin berkunjung dalam satu hari saja, siapkan bekal untuk menikmatinya di lokasi wisata.

Rencanakan kunjungan Anda dengan tiba di lokasi wisata pada sore hari untuk menikmati sunset. Jika ingin mendaki boot untuk mencapai bukit di tengah Danau Setu Patok, ajaklah teman-teman untuk mengabadikan keindahannya. Tetap perhatikan langkah Anda saat mencapai bukit karena memiliki kemiringan yang cukup tajam.

Indonesia memiliki keindahan di setiap sudut daerahnya. Kali ini dari Cirebon, Danau Setu Patok menawarkan pemandangan alam yang indah dan eksotis untuk menjadi objek wisata. Lingkari tanggal liburan Anda dari kantor, jadwalkan bersama rekan-rekan Anda untuk melihat betapa mempesonanya Danau Setu Patok.

Galeri Foto Danau Setu Patok

Danau Setu Patok
Keindahan Danau Setu Patok
Potret sawah di tepi danau
Fasilitas Spot Foto
Matahari terbenam di Danau Setu Patok

Source: www.tempatwisata.pro

Show More

Related Articles

Back to top button