Jawa Tengah

10 wisata Solo Hits Untuk Mengenal Sejarah

10 wisata Solo Hits Untuk Mengenal Sejarah

Tempat Wisata Solo yang Cocok untuk Mengenal Sejarah – Berbicara kota wisata di Jawa Tengah pasti kita mengenal Yogyakarta, Semarang, Magelang, Demak, Surakarta dan lain sebagainya.

Sementara itu, Yogyakarta tampaknya paling populer di antara yang lain. Namun, bukan berarti daerah lain kurang cocok menjadi destinasi wisata penting.

Seperti Surakarta atau Solo yang merupakan salah satu pilihan terbaik ribuan tahun hijrah karena keberadaan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Tujuan Tempat Wisata Solo cukup lengkap mulai dari alam, budaya, sejarah, religi hingga saat ini. Simak tempat wisata di Solo berikut yang pernah kamu kunjungi?

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

10 tempat wisata keren di Solo, yuk ke sini!IDN Times/Deby Amaliasari

Wisata Solo yang pertama adalah Keraton Surakarta. Sampai saat ini Keraton Surakarta masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan. Tempat ini bisa menjadi tujuan terbaik untuk mengetahui sejarah kota Solo. Pasalnya, keraton yang dibangun pada 1744 itu menjadi simbol nenek moyang Solo.

Keraton yang terletak di Jalan Baluwarti, Pasar Kliwon ini memiliki museum yang menyimpan benda-benda bersejarah. Anda bisa melihat peninggalan Kasunanan, pusaka keraton, alat musik, hadiah dari raja-raja Eropa dan lainnya.

2. Istana Mangkunegaran

10 tempat wisata keren di Solo, yuk ke sini!instagram.com/fathiauqim

Wisata Solo yang kedua adalah Istana Mangkunegaran. Tempat bersejarah lainnya adalah Keraton Mangkunegaran yang terletak di Jalan Ronggowarsito nomor 83. Keraton ini diprakarsai oleh Mangkunegara I berdasarkan model keraton tahun 1757. Kini keraton berarsitektur khas Eropa ini menjadi pusat budaya dan seni Kota Solo.

Rabu adalah waktu terbaik untuk datang ke sini. Ini karena ada pertunjukan gamelan mingguan reguler. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000.

3. Museum Batik Danar Hadi

10 tempat wisata keren di Solo, yuk ke sini!indonesiakaya.com

Wisata Solo yang Ketiga adalah Museum Batik Danar Hadi. Siapa yang tidak tahu kualitas Batik Solo? Nah, Solo punya Museum Batik Danar Hadi yang terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi nomor 261. Museum ini memiliki lebih dari 10.000 koleksi kain batik dengan motif yang berbeda-beda.

Maka tak heran jika Danar Hadi dinobatkan sebagai museum rekor dunia Indonesia sebagai pemilik koleksi kain batik terbanyak. Yang lebih keren lagi, ada pabrik tie-dye dan stempel yang terbuka untuk turis.

4. Kampung Batik Kauman

10 tempat wisata keren di Solo, yuk ke sini!instagram.com/kokogiovanni

Puas berkeliling museum, saatnya Anda mampir ke Kampung Batik Kauman, Pasar Kliwon. Jika Anda berada di kompleks kota tua, Anda akan dibuat takjub dengan bangunan-bangunan tua di sekitarnya. Berbagai pengrajin batik juga bisa ditemui di sepanjang jalan.

Menurut sejarahnya, kawasan desa Kauman dulunya merupakan tempat pembuatan batik untuk keluarga kerajaan. Anda juga bisa menemukan area serupa di sini di Jalan Dr. Radijiman nomor 521.

5. Pasar Triwindu

10 tempat wisata keren di Solo, yuk ke sini!instagram.com/keliling_solo

Pasar Triwindu akan menjadi tempat yang asyik bagi para kolektor barang antik atau pecinta fotografi. Karena pasar yang sudah ada sejak tahun 1939 ini tidak pernah lekang oleh waktu.

Seolah mencari harta karun, Anda akan menemukan berbagai barang antik, unik, dan menarik di sini. Gak ada ruginya kok liat aja ke Pasar Triwindu.

6. Agrowisata di Sondokoro

10 tempat wisata keren di Solo, yuk ke sini!IDN Times/Deby Amaliasari

Jika ingin menikmati keindahan kota Solo, Anda bisa menempuh jarak 5 kilometer menuju Jalan Mangkunegara. Suasana alamnya yang teduh membuat banyak orang menyukai agrowisata Sondokoro. Tempat ini buka mulai pukul 08:00 hingga 17:00.

Di Agriturismo Sondokoro Anda akan dimanjakan dengan terapi ikan, refleksi, kuliner lezat, dll. Anda bisa bermain sepuasnya, ada kolam renang dan rubah terbang Kamu tahu.

7. Dunia air Pandawa

10 tempat wisata keren di Solo, yuk ke sini!instagram.com/brampondra

Terletak di perbatasan antara Sukoharjo dan Surakarta, Pandawa Water World buka setiap hari kecuali hari Selasa. Kolam renang buka pukul 07.00 sedangkan taman bermain buka pukul 12.00 (hari kerja) dan 08.00 (akhir pekan).

Sangat memuaskan anda bermain disini seharian, tempat ini menawarkan 27 seluncuran air. Sebagai contoh Kolam ombak, sungai aksi, kolam termal, menara observasi, dan lainnya. Harga tiket masuk mulai dari Rp 80.000 per orang. Kamu yang berulang tahun bisa masuk ke sini secara gratis.

8. Taman Hiburan Rakyat Sriwedari

10 tempat wisata keren di Solo, yuk ke sini!Instagram.com/kamekameraa

Liburan di Solo relatif terjangkau, tidak menguras kantong. Anda bisa menemukan hiburan murah dengan sangat mudah, seperti di Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari. Setidaknya ada 16 wahana dengan kafe, panggung hiburan, taman air minibidang keahlian dan sebagainya.

9. Tirtonadi Cofferdam

10 tempat wisata keren di Solo, yuk ke sini!instagram.com/aldhi_sp

Tempat yang baru diresmikan akhir tahun 2018 ini digadang-gadang akan menjadi ikon baru Kota Solo. Karena Bendungan Karet di Gilingan, Banjarsari bisa menjadi sarana pendidikan dan wisata.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, pengelolaan wisata air di kawasan bendungan akan diserahkan kepada pemerintah kota Solo. Sebuah dermaga untuk wisata air direncanakan. Wow, itu menarik!

10. Benteng Vastenburg

10 tempat wisata keren di Solo, yuk ke sini!instagram.com/catur_assegaf99

Terakhir, ada benteng Belanda di kawasan Gladak yang dibangun pada tahun 1745, benteng ini dibangun atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Awalnya benteng ini digunakan sebagai pusat kendali pemerintahan Keraton Surakarta.

Kini benteng tersebut hanya menyisakan reruntuhan yang menyisakan pagar pembatas. Tempat ini cukup seru untuk dijadikan lokasi foto di Solo.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata atau tempat wisata di Solo yang bisa kamu kunjungi dengan baik dan menyenangkan. Jadi mau kemana dulu?

Source: www.idntimes.com

Show More

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button